Catatan Kecil dari Piala Dunia 2010

New Champions!! Itulah sebutan untuk Spanyol yang berhasil merebut Gelar Juara Dunia setelah mengalahkan Belanda 1-0 di Final. Gol dari Andres Iniesta sudah cukup mengantar "El Matador" merebut trofi pertama mereka dalam laga final pertama mereka minggu malam waktu setempat. terlepas dari itu mari kita simak beberapa catatan kecil selama perhelatan Pesta Sepak Bola terbesar sejagat itu...mari kita simak!!

  1. Spanyol melakoni partai final pertamanya dan langsung keluar sebagai juara setelah mengalahkan Belanda yang untuk kali ketiga hanya menjadi runner up.
  2. Spanyol adalah tim yang paling banyak: melakukan passing (3.802), tendangan (121), dan dilanggar (134). Tapi mereka hanya melesakkan 8 gol sepanjang turnamen.
  3. Sedangkan pemain Spanyol: Xavi Hernandes adalah pemain yang paling sering melakukan passing (669) dan Iniesta adalah pemain yang paling sering dilanggar (26)
  4. Selandia Baru adalah satu-satunya tim yang tidak pernah kalah di PD 2010.
  5. Spanyol yang kalah di pertandingan pertama berhasil mengalahkan Belanda yang sebelumnya tidak terkalahkan.
  6. Jerman menjadi tim dengan materi pemain muda terbaik setelah berhasil menyingkirkan favorit juara seperti Inggris dan Argentina dengan skor cukup telak.
  7. Dua finalis PD 2006 (Italia dan Prancis) langsung tersingkir di babak penyisihan grup sebagai juru kunci tanpa meraih satu kemenangan pun. Kedua tim masih diarsiteki oleh pelatih yang sama ketika mencapai final PD 2006.
  8. Semua gol Spanyol dicetak oleh pemain Barcelona (David Villa, Iniesta, dan Puyol)
  9. Pemain2 yang menjadi top skor di Liga2 Bergengsi gagal menunjukan performa terbaiknya di PD 2010 (Drogba, Messi, dan Antonio Di Natale)
  10. Slovakia adalah tim debutan yang berhasil menyingkirkan juara bertahan (Italia) pada babak penyisihan grup.
  11. Portugal hanya berhasil mencetak gol ke gawang Korut (7 gol) dan hanya kebobolan ketika melawan Spanyol (1 gol).
  12. Inggris adalah tim yang sangat diunggulkan dan tampil sangat mengecewakan di PD 2010.
  13. Gaji Pelatih 4 negara semifinalis (Jerman, Spanyol, Uruguay dan Belanda) jika digabungkan bahkan lebih kecil dari gaji pelatih Inggris Fabio Capello yang gagal menembus 16 besar.
  14. Iker Casillas adalah salah satu kiper yang paling vokal memprotes Bola Resmi PD 2010 "Jabulani", tapi kiper timnas Spanyol ini berhasil meraih golden gloves dan hanya kebobolan 2 gol.
  15. Afrika Selatan menjadi satu-satunya tuan rumah yang gagal lolos dari fase grup.
  16. Kapten timnas Belanda (Giovani van Bronckhorst) memiliki darah Indonesia dari neneknya dan bisa sedikit berbicara Bahasa Indonesia.
  17. Wesley Sneijder tampil di 3 laga final (Coppa Italia, Champions League, dan World Cup) pada tahun 2010 dan memenangi dua laga final tersebut.
mungkin untuk sementara catatan ini saya akhiri dulu..terima kasih.
  • dwi andika p

0 komentar:

Posting Komentar